Radang Tenggorokan

Jangan Abaikan Radang Tenggorokan - lifestyle.okezone.com

"And now this sore throat is killing me" itulah yang tersimpan dalam benak gue saat ini.
Betapa setiap penyakit ini datang gue merasa sangat gak nyaman. Sakit di tenggorokan yang membuat ada rasa sakit saat menelan makanan membuat nafsu makan hilang belum lagi suara yang memang jadi "soak" mebuat harus membatasai intensitas oral dalam berkoumunikasi.
Menurut artikel dalam link yang gue sisipkan dalam tulisan ini, stres dan kerja berlebihan dapat memperlemah sistem pertahanan tubuh dan memicu infeksi tenggorokan. Ya..ya...ya.. gue tahu alasan ini yang sering menjadi penyebab datangnya sakit tenggorokan yang menyebalkan ini menghampiri kehidupan gue (seperti hari ini), bahasa lainnynya "kecapean" *capek fisik dan pikiran*. Dan bukannya gue gak menyadari ketahanan tubuh gue, tapi memang aktivitas gue seringkali gak bisa berkompromi dan selalu mencuri waktu istirahat gue.

Sore throat juga dapat disebabkan kebiasaan bernapas melalui mulut, alergi, terperangkapnya benda asing seperti tulang ikan di tenggorokan, polusi udara, minuman beralkohol, atau rokok. Ya rokok, ini yang ingin gue garis bawahi, how I hate smoking. Salah satu yang juga jadi pemicu sakit ini meradang di tenggorokan gue.Ughhh... kenapa orang lain yang merokok, gue yang menuai efeknya. Ini gak adil. Dan betapa para perokok itu gak sadar, mereka pun bisa terkena "penyakit" yang sama atau yang lebih parah dari itu. Bukankah ada 10.000 racun dalam setiap batang rokok? *Kalau sudah berbicara tentang rokok, harus segera dihentikan sebelum gue melanjutkannya dengan "kuliah 2 SKS" tentang rokok!*

Dan, betapa gue juga gak suka menemui dokter saat sakit, mengingat biaya check up yang cukup meronggoh kocek :D, belum lagi harus makan obat -obatan selama beberapa hari dan banyak nasehat-nasehat (yang sebenarnya itu-itu saja) "Hindari asap rokok, hindari minuman beralkohol, es dan kopi juga istirahat yang cukup!" pasti gak jauh dari itu nasehatnya. Yaaa,, ya,,, gue begitu hafal dengan larangan-larangan tersebut ditambah satu hal lagi; "Jangan terlalu banyak bicara!". Dan yang paling sulit dihindari adalah stop talking dan berhenti mengkonsumsi kopi. How I am addicted to these things :(.

Satu yang ingin gue teriakkan saat ini adalah; "Pergilah kau radang tenggorokan!!!!".

Comments

Popular Posts