Wednesday, November 2, 2011

Langsing Dengan Sibutramine

Ini adalah berita bagi yang ingin berdiet dengan suplemen atau obat pelangsing. Berat badan saya naik sekitar 10 kilogram, dan sampai tulisan ini saya buat memang saya belum mencoba obat pelangsing apapun. Alasan pertama pada umumnya obat diet menganjurkan agar kita melakukan diet (diet yang benar adalah mengatur pola makan bukan tidak makan), dan biasanya harus disertai olah raga. Masalahnya, saya sulit mengatur pola makan. Yang lebih sulit adalah mengatur menu makanan yang dianjurkan apalagi dengan harus menghitung-hitung jumlah kalori, protein dan sebagainya dari makanan yang kita konsumsi. Berolah raga sendiri agak sulit bagi saya karena waktu yang sebagian besar saya habiskan untuk pekerjaan kantor dan aktivitas sehabis kantor, belum lagi waktu yang harus dilalui bersama kemacetan Jakarta. Terus terang, dengan waktu tidur yang sempit rasanya saya tidak rela harus bangun pagi dan meninggalkan sisa-sisa waktu tidur sebelum langit terang. Satu lagi bahwa tidur itu penting.

Namun, saya kerap kali memang mencari-cari tahu tentang suplemen atau obat pelangsing juga kandungan dalam obat-obat tersebut. Nah, saya ingin berbagi informasi tentang Sibutramine, yang menjadi zat di dalam banyak merek obat pelangsing. Hasil studi "Sibutramine on Cardiovascular Outcomes Triaf" (SCOUT) menunjukkan peningkatan risiko kejadian kardiovaskular.

Dikenal juga Sibutramine hydrochloride merupakan golongan OBAT KERAS yang digunakan dalam pengobatan obesitas, dimana obat ini hanya dapat diperoleh dan digunakan berdasarkan resep dokter. Namun kenyataannya, obat ini banyak ditemukan dijual bebas di pasaran.

Sibutramine direkomendasikan untuk pasien obesitas dengan index massa tubuh ≥ 30 kg/m2, atau ≥ 27 kg/m2 untuk pasien dengan resiko diabetes, dislipidemia, dan hipertensi. Silahkan dapatkan referensi ari tulisan berikut: http://bit.ly/tGPmRn .

Dalam siaran persnya, Badan POM menyatakan, penarikan obat jadi yang mengandung sibutramine dilakukan mulai 14 Oktober. Ini merupakan tindak lanjut dari informasi aspek keamanan produk obat yang diperoleh Tercatat ada enam merek obat yang mengandung Sibutramine yang ditarik Badan POM yakni:

  • Reductil Kapsul 10 mg dan Kapsul 15 mg yang didaftarkan oleh PT Abbott Indonesia, Maxislim Kapsul 10 mg dan Kapsul 15 mg (PT Sandoz lndonesia)
  • Redufast Kapsul 10 mg (PT Sunthi Sepuri, lndonesia)
  • Slimact Reductil Kapsul 10 mg dan Kapsul 15 mg (PT Dexa Medica, Indonesia)
  • Redusco Kapsul 10 mg dan Kapsul 15 mg (PT Pharmasi Binangkit, Indonesia)
  • Decaslim Kapsul 10 mg dan Kapsul 15 mg (PT Ilarsen, Indonesia).
Sebelumnya, tanggal 8 Juli 2011, The Swedish Medical Products Agency (Badan Pengawasan Obat-obatan Swedia) mengeluarkan peringatan publik untuk mewaspadai produk-produk pelangsing mengandung Sibutramine yang marak beredar di internet. Produk yang dilarang peredarannya oleh mereka adalah:

  • Slimline Softgel Capsules, Capsules
  • Acai Berry ABC, capsules
  • Hygiene fit, capsules
  • Sports Burner, Capsules
  • Health Slimming Coffee, freeze-dried coffee
  • Instant Slim Capsules
  • 3X Slimming Power, Capsules
  • Li Da Daidaihua, capsules
  • Botanical Slimming, capsules

Dengan maraknya perdagangan on line, tidak menutup kemungkinan ada transaksi jual beli obat-obat yang sudah ditarik namun stok masih beredar. Biasanya pembeli tertarik karena dilengkapi testimonial dari mereka yang telah berhasil. 


Di Indonesia, bagi masyarakat yang memerlukan informasi lebih lanjut dipersilakan menghubungi Unit Layanan Pengaduan Konsumen (ULPK) Badan POM dengan nomor telepon 021-4263333 dan 021-32199000 atau e-mail: ulpk@pom.go.id dan ulpkbadanpom@yahoo.com atau Layanan Informasi Konsumen di seluruh Balai Besar/Balai POM di seluruh Indonesia.

Saran saya bila ada yang ingin langsing sehat dengan obat-obatan:


  1. Konsumsi obat-obatan pelangsing atau suplemen yang dijual bebas dan ada kandungan zat di dalamnya terlebih harus tercatat di BPOM; 
  2. Cek kandungan obat melalui internet atau kamus kesehatan; atau 
  3. Dengan pengawasan dokter 

3 comments:

  1. Gw nyaris diet acai berry.. untung cepet tauuu! batal langsing deh..

    ReplyDelete
  2. Aihaa.. iya si Acaiberry ini lagi naik daun karena mujarab buat melangsingkan kata penelitian. Nah, mungkin cari alternatif yang mereknya tidak termasuk di atas (ABC- soalnya merek ini paling banyak dijual secara online di Indonesia).
    Kalau di luar yang terkenal PowerSlim Acaiberry, tapi di Jakarta (di toko obat dan apotik resmi gak ada, di salah satu apotek franchise pernah ada tapi katanya udah gak jual (spertinya ditarik juga).
    Atau marilah beli buah Acaiberry-nya saja. Sibrutamine adanya di obatnya kan, bukan di buahnya. Iya gak, iya gak?? *investigator kurang yakin :D

    ReplyDelete
  3. Buah acaiberry itu pun susah dicarinyaaa.. Hik..emang kudu olahraga juga nih! :))

    ReplyDelete