Tante vs Bibi

Pagi ini karena mengomentari status (facebook) seorang teman, akhirnya terpikir untuk menulis lagi di blog dengan topik terkait. Sederhana sih, hanya pendapat mengenai perbedaan konotasi panggilan “Om” dan “Paman” meskipun pada pokoknya memiliki pengertian yang sama.

Dan berikut adalah tanggapan pribadi saya yang kira-kira menjabarkan kalimat panjang saya di kolom komentar status facebook sang teman.
Terkait dengan saya, tema berubah menjadi “Tante vs Bibi”

Tante
Saya agak keberatan dipanggil "Tante" oleh para keponakan, dan sebagian besar dari mereka  menyapa saya dengan panggilan awal "Aunty" khusus untuk 'Aunty Lia' di keluarga besar. Bukan bermaksud ke-bule2-an, tapi saya  ogah dikira atau merasa panggilan itu konotasi kuat pada istilah “tante (girang) dan panggilan "tante" mengingatkan saya pada teman-teman Ibu saya atau pun orangtua  teman-teman saya... yang saya panggil “tante”). Argh..saya tidak mau disamakan dengan orang setua mereka hehehe..
Kenapa “aunty”? Alasan lainnya karena panggilan khas batak semacam 'namboru/bou' atau ‘nantulang’ terlalu ‘pasaran’ di keluarga saya, sehingga kumpul keluarga bisa jadi ribet, kasihan juga misalnya keponakan harus menyebut panjang jika memnaggil tante-tantenya supaya tidak tertukar, misalnya “Namboru Lia”, “Namboru Kristin”.

Bibi
Sebenarnya konotasi "bibi" itu baik. “Bibi” adalah spaan bagi saudara perempuan orangtua kita yang diajarkan di bangku Sekolah Dasar. Ini sama seperti sapaan “makcik” di Melayu. Dan di kalangan Batak Karo panggilan ini sangat santun untuk menyapa wanita yang setara orangtua/saudara dari oragtua kita. Ya, tapi sangat jarang orang keturunan Batak Toba (meskipun sudah ‘terkontaminasi’ budaya Sunda)
macam saya ini disapa
bibi”.
Dan juga sapaan “bibi” ini mengingatkan saya pada ART sewaktu saya kecil, “bibi” bukan “biiiiik” hehe…

Sebenarnya, dengan semakin maraknya panggilan
“Ayah-Bunda” kepada orang tua, sewajarnya “Paman-Bibi” juga seharusnya dibuat hits untuk menyapa saudara/I orangtua sang anak


Untuk menguatkan argumen keengganan saya dipanggil “tante”, berikut saya mengambil referensi dari KBBI:

bibi /bi·bi/ n 1 adik (saudara muda) perempuan ayah atau ibu; 2 panggilan kpd perempuan yg agak tua; 3 kl sebutan bagi wanita (setingkat dng nyonya); 4 panggilan kpd perempuan pembantu rumah tangga
  1. Arti sesungguhnya, sepakat; 
  2. Tuh, kan? Saya anti dengan kata “tua”, meskipun diawali dengan kata “agak”; 
  3. Ih berarti pasangannya “tuan”, bukan “tuan muda”, saya masih “nona”; 
  4. Nah, kan?
tante /tan·te/ n cak 1 adik atau kakak perempuan ayah atau ibu; bibi; 2 panggilan kpd wanita yg agak tua;
-- girang wanita setengah baya yg suka bersenang-senang dng pemuda
  1. Sama seperti arti harafiah ‘bibi’, sepakat; 
  2. Lagi, saya belum ”tua” 
  3. -- girang à Tuh, kan? Iiiiih…

Comments

  1. Halo semuanya
    Nama saya lismawati djumarding, saya dari indonesia. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu, saya merasa tegang secara finansial dan putus asa, saya ditipu oleh beberapa pemberi pinjaman secara online. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya menghubungi saya kepada pemberi pinjaman yang sangat andal yang disebut kreditur cepat Lindy Smith, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sejumlah 850 juta dalam waktu kurang dari 6 jam tanpa tekanan atau tekanan, dengan tingkat bunga rendah 2%. Saya sangat terkejut saat memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya ajukan, dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan. Jadi saya berjanji kepada Ibu Lindy bahwa saya akan membagikan kabar baik tersebut, agar orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman apa pun, hubungi Mrs. Lindy melalui email: lindysmithloanfirm@gmail.com.
    Anda juga bisa menghubungi saya di email saya: lismawatidjumarding@gmail.com
    Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran angsuran bulanan saya, yang saya kirim langsung ke rekening bank perusahaan.

    ReplyDelete
  2. Apakah Anda memerlukan pinjaman secara nyata? Pernahkah Anda ditolak oleh organisasi keuangan, bank dan perusahaan keuangan lainnya? Jika iya, jangan khawatir lagi karena @ ROSSA STANLEY perusahaan pinjaman, kami adalah perusahaan pembiayaan yang berpengalaman yang memberikan hassle free loan kepada individu-individu yang serius dan serius, perusahaan, badan usaha dan masyarakat umum dengan bunga sebesar 2%. Kami memiliki akses ke kumpulan uang tunai untuk diberikan kepada perusahaan dan mereka yang memiliki rencana untuk memulai bisnis tidak peduli seberapa kecilnya. Dipastikan bahwa kesejahteraan dan kenyamanan Anda adalah prioritas utama kami, mengapa kami berada di sini untuk mengurus pemrosesan pinjaman Anda. . Hubungi layanan pelanggan kami

    N: B Tolong jangan hubungi kami jika anda belum siap untuk mendapatkan modal ventura anda
      
      Email: rossastanleayloancompany@gmail.com
      Viber: +15186756750
      Instagram: Rossamikefavor
      Twitter: Rossastanlyloan
      Facebook: Stanley Rossa
       
    untuk respon cepat dan cepat ....
    Mohon mengisi formulir aplikasi di bawah ini dan kami akan menghubungi Anda lagi,
                                                   
                                                       DATA PEMOHON:

    1. Nama
    2. negara
    3. Alamat
    4. Jenis kelamin
    5. Bekerja
    6. Posisi di tempat kerja
    7. Pendapatan bulanan
    8. Jumlah pinjaman dibutuhkan
    9. Durasi pinjaman
    10. Agama
    11. Sudahkah anda mengajukan permohonan sebelumnya dan telah ditolak? Jika ya
    12.Date of Birth
                                       Kami hadir untuk kebutuhan finansial anda


    Nyonya Rossa
    Alamat email: rossastanleyloancompany@gmail.com

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts