Apes Don't Kill Apes

Dini hari sebelum gue tertidur dan pagi ini, seperti sudah gue duga, di media sosial (khususnya Path), ramai yang posting kejadian naas yang menimpa pesawat Malaysia Airlines MH17. Ada yang berbagi informasi dengan foto atau link terkait, ada pula yang menyampaikan belasungkawa bagi korban. Gue sendiri bisa tahu cukup cepat karena gak sengaja nongkrong di depan tivi saat semalam baru sampai rumah, dan pas banget sedang pasang saluran CNN yang memberitakan hal tersebut. 

Di satu sisi, pagi ini, memang berita-berita di televisi, khususnya berbagai saluran berita asing pun sama-sama ramai memberitakan kejadian tersebut, termasuk tentang "saling tuding" pelaku penembakan yang diberitakan sebagai penyebab jatuh dan hancurnya pesawat MH17 tersebut. MH 17 terbang di airspace yang katanya sudah ditutup mengingat "perang" antara Ukraina-Rusia.

Selain itu, pagi ini pun gue membaca berita tentang Israel yang mengumumkan serangan daratnya ke Gaza. Sebelumnya, media sosial memang diramaikan dengan serangan Israel ke Gaza. Konflik Palestina ini penuh darah dan korban, meskipun buat gue pribadi, rasanya gak perlu menyebar foto-foto para korban (apalagi yang tidak jelas sumber dan kebenarannya).

Miris, ya. Nyawa manusia yang hilang menjadi 'komoditas' pemberitaan. Terlepas dari rasa belasungkawa, terkadang komentar dan informasi yang berkembang lepas dari etika menghormati mahkluk hidup lainnya, yakni para korban dan keluarganya.

Perang identik dengan pertumpahan darah. Dan, seringkali rakyat sipil menjadi korban.  

Gue jadi teringat saat menonton film Dawn of the Planet of the Apes. Ada satu kutipan yang gue ingat diucapkan oleh Caesar -sang pimpinan kaum Apes-, "Apes don't kill Apes.". Ya, Apes don't kill Apes. Human?

Comments

Popular Posts