Satu Ons Bukan Seratus Gram, Salah Siapa?

Gara-gara membaca berita bahwa harga emas anjlok menjadi US$ 20 per ons, saya pun akhirnya jadi “tercerahkan” dan“tergelitik”. Tentang apa? Penjabarannya di bawah ini.

Sepertinya tidak sedikit yang sudah tahu, tapi saya yakin masih sangat banyak orang-orang yang menempuh pendidikan di sekolah lokal (Indonesia – negeri maupun swasta) seperti saya dalam pikirannya sudah tertanam “hafal luar kepala” mengenai konversi hitungan, sebagai berikut:

1 ons (ounce)  =  100 gram
1 pon (pound) =  500 gram

Dan, ternyata itu salah! Salah yang sudah turun temurun. Salah siapa? Nah, siapa yang mau dipersalahkan? Pemerintah c.q Departemen Pendidikan? Atau orang-orang tua yang sudah mengenyam ‘pengetahuan yang salah’? Bahkan, dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) pun, mendefinisikan sebagai berikut:

ons n satuan ukuran berat (massa) seratus gram
pon 1 n satuan ukuran berat 500 gr


Bisa lihat juga di KBBI Daring.

Astaga! Ini penting untuk dikoreksi. Sepertinya, saya harus mencari tahu/memastikan keponakan atau anak-anak dari kerabat yang dalam masa sekolah dasar atau menengah, untuk memastikan KESALAHAN ini masih diturunkan hingga kini. Dan, saya pastikan masyarakat pun masih menganggapnya demikian, menganggap yang sudah biasa adalah yang benar.

Berikut, adalah hitungan konversi yang sebenarnya:

1 ons (ounce/onza) = 28,35 gram (bukan 100 gram)
1 pon (pound) = 453 gram (bukan 500 gram)

Jadi, 1 pon = 16 ons (bukan 5 ons)



Bahkan, ada situs yang memudahkan bila ingin melakukan konversi ons ke gram  atau konversi pon ke gram.

Saya juga sempat mencari tulisan atau artikel terkait, dan ada yang menurut saya sepemikiran dan menjabarkan dengan baik mengenai hal ini, silakan membuka tautan berikut ini.

Semoga semakin banyak yang mendapat ‘pencerahan’ tentang hal ini. Saya sendiri di tengah waktu kerja, menulis unek-unek saya ini sambil berpikir kemana saya harus “mengadu”?


Comments

Popular Posts