Dilarang Masuk ke Mulut dan Usus Saya

Setiap orang pasti punya hal yang tidak disukai atau dihindari. Orang-orang terdekat saya pasti sudah (sewajarnya) mengetahui apa-apa yang saya tidak makan/minum atau berusaha hindari. Namun, seringkali, terutama bagi yang jarang menghabiskan waktu dengan saya, tidak tahu bahwa saya tidak mengkonsumsi hal-hal berikut:
  • Kacang. Hampir semua jenis kacang dan olahan kacang dan yang mengandung kata kacang dari tempe yang Indonesia banget (katanya) sampai kacang mete atau almond sekalipun. Jangan sekali-kali memaksa/menjebak saya minum susu kedelai. Kacang polong, kacang panjang dan kacang ijo jelas-jelas tidak saya 'sentuh'. Saya hanya bisa berdamai dengan 'kecap' dan 'tahu'. Maka. saya adalah penikmat somay, batagor dan sate tanpa bumbu kacang, dan saya tak bersahabat dengan gado-gado, pecal dan ketoprak. Selain tak suka baunya (kacang), saya memang alergi. Walaupun konon di Indonbesia ini yang diberi nama kacang belum tentu kacang, seperti kacang panjang termasuk ke jenis polong-polongan.
  • Minuman bersoda. Coca cola, Fanta dan kawan-kawannya sudah saya hindari sejak satu dekade terakhir.
  • Daging Merah. Mulai menghindarinya sejak tahun 2007 awalnya mencoba diet golongan darah untuk kesehatan, lama-lama terbiasa dan belanjut menjadi tidak tertarik pada daging Sapi, daging domba, daging kambing dan kawan sejenisnya, dengan pengecualian pork (yang demi pledoi saya anggap sebagai 'daging pink'). Meskipun sudah tak suka mengkonsumsi kornet sapi dan sosis sapi, namun saya masih mengkonsumsi beberapa olahan sapi seperti keju dan susu. Bakso? Hmm.. biasanya saya membatasi, tapi masih mengonsumsi bakso, khususnya bakso Tasik yang paling sulit saya tinggalkan. :)
  • Saos Sambal dan Saos Tomat. Jangan heran ketika saya makan bakso dengan kuah bening, somay hanya berbumbu kecap, dan memilih mayones untuk cocolan gorengan.
  • Gorengan Pinggir Jalan. Maksudnya, yang abang-abangnya jualan di trotoar atau keliling. Selain karena bayangan debu yang menempel di gorengan, dan menjadi saksi minyak yang berwarna kelam, saya juga pernah menjadi korban gorengan yang digoreng pakai plastik -yang pernah nonton acara reportase investigasi pasti tahu-. 
  • Pepaya, Melon dan Semangka. Tidak suka. 

Kebiasaan saya lainnya soal makanan adalah:
  • Saya tidak mengenal makanan pokok. Sejak di bangku SMA, nasi bukanlah makanan wajib saya yang harus dikonsumsi setiap waktu makan atau setiap hari.
  • Saya tidak bisa/terbiasa sarapan dengan menu nasi (kecuali sudah berubah wujud menjadi bubur). 
Baiklah, 'penting gak penting', sih. Saya bukan terlalu pemilih dalam hal makan, saya biasanya memilih tidak makan jika disajikan menu-menu yang saya sebut di atas. Tapi, saya bisa jadi bete kalau misalnya dibelikan somay berbumbu kacang oleh teman baik atau saudara dekat.

Comments

Popular Posts